Jumat, 07 Juni 2013

Derawan Amazing Island

Pulau Derawan berada disebelah timur Kalimantan. Tepatnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Pulau ini merupakan salah satu pulau yang memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah dan sehat. Naaaah... dari pulau inilah kita bisa melanjutkan perjalanan ke pulau lain yang tak kalah cantik, seperti pulau Kakaban, Sanglaki dan Maratua yg mempunyai daya tarik dan keunikan masing masing.

Jarak tempuh untuk mencapai Pulau Derawan cukup jauh dan lama, inilah yang membuat perjalanan ke pulau ini cukup mahal (bagi saya). Tapi kalian bisa mensiasatinya dengan datang berombongan agar bisa sharing biaya hotel dan speedboat, atau seperti saya yg memilih untuk menggunakan jasa Trip Organizer/ Paket tur.

November 2012 lalu, saya berlibur ke pulau ini. Berangkat dari bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, menuju ke Tarakan, Kalimantan Timur. Sebelum ke Tarakan pesawat transit dulu di bandara Spinggan Balik Papan, Hmmmm... disini yg paling gak enak -____-" sendirian dibandara, menunggu pesawat keberangkatan Tarakan dari jam 1 siang sampai jam 8 malam, zzzz.....!!! entah berapa banyak makanan yg saya habiskan waktu itu. Untuk harga tiket pesawat ke Tarakan sekitar Rp 800 ribuan jadi untuk PP sekitar Rp 1.6 juta, tergantung keberuntungan masing masing dan keuletan untuk berburu tiket pesawat murah :)))
Setelah perjalanan entah panjang atau pendek tapi yg pasti membosankan, akhirnya sampai juga dijam 9 malam, saya langsung mencari taxi dan penginapan yg jaraknya tidak jauh dari bandara, untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan besok pagi.

Hari pertama: Jam 8 pagi saya dijemput dipenginapan menuju pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan ye ye ye........... :)))))
Dari bandara ke pelabuhan Tarakan +/- 15 menit dan dari pelabuhan Tarakan menuju ke Derawan +/- 4 jam menggunakan speedboat. Ada dua alternatif untuk menuju ke Pulau ini, dari Tarakan dan Berau.
Untuk perjalanan dari Berau saya sendiri kurang tau pastinya, karena waktu itu saya berangkat dari Tarakan. tapi dari info yg saya dapat (untuk via Berau) Berau menuju ketanjung batu/ lokasi penyeberangan ke Pulau Derawan dengan menggunakan mobil travel +/- 3 jam dengan kondisi jalan yg berkelak kelok dan terdapat beberapa titik jalan yg rusak. dari tanjung batu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat +/- 30 menit.
Setelah +/- 4 jam dilaut dengan gelombang yg membuat saya ueeek...*mabok* dan akhirnyaaaaa....sampai juga Wuiiiiiiiih langitnya, lautnya, aakkkkkkkk... terbayar sudah :)))))

Laut tenang disekitar penginapan saya (Derawan Fisheries)

Hari kedua: Agendanya adalah ke Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Selesai sarapan kami langsung menuju kepulau maratua, hari ini kami disambut dengan langit mendung dan hujan romantis, tapi walaupun hujan bermain air tetap full *buat yg lain tapi :P:P dipulau ini saya lebih banyak berfoto narsis dari pada snorkeling, karena banyak sekali karang yg tajam disini, arusnya pun lumayan deras dan jujur saya tidak bisa berenang hahahaa... *pengakuan yg menyedihkan :(((
Welcome to Maratua Paradise

Tiger Fish salah satu spesies yg ada dipulau Maratua
Selanjutnya adalah perjalanan menuju Pulau Kakaban dan lagi lagi kami disambut dengan awan mendung:(( di Pulau kakaban ini terdapat danau air payau yg dihuni oleh si jellyfish atau lebih dikenal dengan nama ubur ubur. Ubur ubur dipulau ini adalah ubur ubur tanpa sengat,  jadi kita bisa bermain dengan ubur ubur tanpa takut tersengat atau keracunan, ada banyak sekali ubur ubur disini tapi kenapa saya jarang sekali melihat kamu ubur ubur???  mungkin karena waktu itu saya membunuh satu ubur ubur disini -______-" gak sengaja tapi..piiis ubur ubur piiis...
Setelah puas bermain dengan ubur ubur saatnya makan siang, sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Sangalaki :))) lapeeeeer

Pulau Kakaban
jellyfish danau payau Pulau Kakaban
Saatnya beranjak ke Pulau Sangalaki, Pulau ini memiliki penangkaran anak anak penyu, setelah ditetaskan mereka akan dikembaikan lagi kehabit alaminya, setelah dewasa mereka akan kembali lagi kedaratan dan bertelur kembali, begitu seterusnya. Pulau Sangaki juga terkenal dengan manta spotnya, konon katanya siapa yg melihat ikan pari ini beruntung, yeeeaah.... berarti saya beruntung dunk...^^ karena saya melihat ikan ini diperjalanan menuju sangalaki :)))
Dipulau ini arusnya jauh lebih tenang dari Pulau Maratua jadi saya tidak takut untuk bersnorkeling disini, yuhuu.. mari mengamati alam bawah laut yg indah ^^

Penangkaran penyu hijau di Pulau Sangalaki

Biota bawah laut Pulau Sangalaki

Hari Keriga: Dimulai dengan snorkeling dan mengamati penyu disekitar tempat saya menginap derawan fisheries, disini saya tidak ikut snorkeling, karna waktu itu otak saya diracuni oleh seseorang dengan pikiran pikirannya yg membuat saya mengurungkan niat untuk snorkeling disini.. haha:)) setelah puas bermain bersama penyu penyu, perjalanan kami lanjutkan ke Pulau Gusung yg benar benar membuat kulit kita menjadi gosong, ditambah lagi hari ini cukup terik dan sunblock yg saya beli kualitasnya sangat sangat dibawah standar, tapi inilah yg dinamakan berlibur kepantai yg sebenarnya... okeeeeeh mari berfoto ria dan siap siap gosong hari ini...

Pulau Gusung

Setelah hampir 2 jam disana, kami rasa cukup, saatnya makan siang dan kembali kepenginapan untuk mandi dan istirahat. Malam terakhir dipulau ini saya habiskan dengan berkeliling dan duduk santai sambil melihat jutaan bintang di kawasan Derawan Dive Resort *halaah*
Tiga hari disini benar benar berkesan dan membuat saya jatuh cinta kepada laut :)))
Terimakasih Budi yg sudah mengajak saya kepulau ini, jasa mu tidak akan pernah saya lupakan, cieeeee...elaaah hahahaha

Hari Terakhir: Kembali ketarakan dan hunting souvenir ala tarakan, tapi saya tidak menemukan sesuatu yg berbau khas tarakan disini, semua yg dijual sama seperti dimini market kebanyakan dikota saya, jadi saya hanya membeli cumi kering dan ikan asin untuk oleh oleh dirumah. setelah puas berburu souvenir kami makan siang disalah satu rumah makan ditarakan, kemudian menuju hutan mangrove untuk mengamati dan berfoto bersama monyet berhidung mancung alias bekantan, tidak begitu banyak bekantan yg saya temui disini, mungkin mereka sedang tidur siang :D:D

Hutan Mangrove ditarakan

Setelah hampir seharian kami ditarakan, berburu souvenir dan keliling hutan mangrove, saatnya travel menjemput kami untuk kebandara dan pulang menuju kota masing masing... *dadah teman teman terimakasih untuk kebersamaannya selama 4 hari ini, sampai ketemu lagi yaaa...*
yeaaaah... begitulah perjalanan saya dipulau derawan,  pulau indah dengan alam bawah laut yang mempesona. Menyenangkan sekali bukan berlibur kepulau ini... Ayooo kederawan... ^^